Ibu harus tahu, tidak hanya makanan loh yang bergizi, namun juga banyak minuman yang bergizi baik bagi tumbuh kembang Si Kecil. Nutrisi anak tidak hanya didapat dari makanan saja. Minuman yang sehat akan mendukung tumbuh kembang anak. 

Mencukupi kebutuhan cairan juga bermanfaat untuk mencegah anak mengalami dehidrasi. Jumlah air yang perlu dikonsumsi bagi tubuh sebanyak 1,3 liter pada usia 1 hingga 3 tahun. Sedangkan untuk anak berusia 4 sampai 8 tahun. Jumlah asupan air yang dianjurkan adalah 1,7 liter per hari. 

Pilihan minuman bernutrisi bagi Si Kecil

Air putih merupakan minuman yang paling penting bagi Si Kecil. Terutama pada anak yang usianya sudah lebih dari 6 bulan. Air putih bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memaksimalkan kerja otak, serta meningkatkan konsentrasi belajar anak. 

Namun, selain air putih banyak jenis minuman yang tidak kalah penting dalam pemenuhan nutrisi anak. Apa saja? Berikut penjelasannya.

Nutrisi anak

Susu

Banyak sekali manfaat susu bagi Si Kecil. Namun, pilihlah susu yang tidak mengandung banyak gula ya. Karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi Si Kecil. Namun, tetap pilihlah susu yang mengandung banyak nutrisi baik. Seperti produk dari Nutricia misalnya. Banyak yang terkandung di dalamnya. Misalnya vitamin D, Protein, Kalsium, dan Fosfor yang sangat baik dalam perkembangan dan pertumbuhan Si Kecil. 

Namun, Ibu tetap harus memperhatikan jumlah yang dikonsumsi ya. Hindari mengkonsumsinya secara berlebihan. 

Jus buah

Jus buah mengandung banyak sekali vitamin serta nutrisi yang sangat dibutuhkan Si Kecil. Namun, tetap perhatikan porsi konsumsinya ya Bu. Hal ini dibutuhkan untuk mencegah kerusakan gigi pada Si Kecil. Jus yang aman dikonsumsi oleh Si Kecil yaitu jus alami yang 100% terbuat dari buah asli. Tentunya tanpa tambahan gula, ya. Pasalnya, jus yang mengandung banyak gula tambahan dapat meningkatkan resiko anak yang mengalami obesitas dan diabetes. 

Untuk anak yang berusia 1-6 tahun, konsumsi jus disarankan tidak lebih dari 1 gelas per harinya. Sedangkan untuk anak yang berusia 7 tahun batas konsumsinya yaitu 2 gelas per hari. 

Air kelapa

Air kelapa memang mengandung gula, namun tetap baik dikonsumsi pada untuk Si Kecil. Banyak nutrisi baik yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang Si Kecil. Misalnya natrium, kalium, magnesium, dan juga kalsium. 

Tahukah Ibu bahwasannya air kelapa mengandung zat yang berfungsi untuk mengganti cairan tubuh? Tentu saja air kelapa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk mengganti cairan dan elektrolit yang hilang saat Si Kecil mengalami dehidrasi akibat gangguan pencernaan seperti diare dan muntah-muntah. Selain itu, air kelapa juga bermanfaat untuk Si Kecil yang aktif berolahraga agar tidak mengalami dehidrasi akibat kelelahan. 

Teh herbal

Ibu, the herbal tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa, namun juga bermanfaat untuk Si Kecil. Salah satu jenis teh herbal yang bermanfaat bagi Si Kecil yaitu teh chamomile. The ini dapat mengatasi mual dan gangguan pencernaan pada Si Kecil. 

Meskipun sebagian jenis teh herbal relative aman untuk dikonsumsi anak-anak, ada baiknya jika Ibu berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu terkait hal ini. 

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh pada Si Kecil sangat bermanfaat bagi tumbuh dan kembangnya. Namun, perlu Ibu ketahui bahwa ada beberapa jenis minuman yang berbahaya bagi Si Kecil, seperti minuman kafein dan bersoda.