Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk karir Anda. Meskipun sudah bekerja, namun Anda tetap perlu memprioritaskan pendidikan. Jika sebelumnya tidak memiliki kesempatan untuk melanjutkan kuliah, kini Anda yang sudah bekerja bisa menjalankan keduanya. Program kuliah sambil kerja sendiri lebih dikenal dengan kelas karyawan. Sesuai namanya, kelas ini memang dibangun untuk karyawan yang ingin melanjutkan kuliah.

Ketika memutuskan mengambil kelas karyawan, itu artinya Anda memiliki prioritas sebagai mahasiswa dan jua karyawan. Anda tidak perlu merelakan salah satunya karena keduanya sangat penting. Kuliah penting untuk mengembangkan skill, sedangkan kerja penting untuk membayar biaya kuliah. Agar keduanya bisa dijalankan dengan maksimal, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diikuti:

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Fokus Pada Kuliah dan Kerja

Kuliah dan bekerja sudah sangat menyita waktu Anda. Jadi usahakan untuk fokus pada kuliah dan pekerjaan terlebih dahulu. Anda perlu menghindari hal-hal yang kurang bermanfaat misalnya seperti jalan-jalan, nonton, dan lain sebagainya. Mintalah pengertian pada keluarga dan teman karena kebanyakan waktu Anda akan lebih banyak untuk kuliah dan bekerja.

Sampaikan Kondisi Ke Atasan

Atas perlu tahu jika Anda sedang kuliah. Oleh sebab itu, Anda wajib menyampaikan kondisi tersebut pada mereka. Biasanya atasan akan mengizinkan Anda karena menjadi salah satu cara meningkatkan skill karyawannya. Atasan yang mengetahui kondisi Anda biasanya akan lebih mengerti akan kesibukan yang Anda miliki. 

Pilih Jurusan dengan Cermat

Tips kuliah sambil kerja yang paling penting adalah memilih jurusan dengan tepat. Fungsi kuliah salah satunya yaitu untuk meningkatkan karir Anda menjadi lebih baik. Oleh sebab itu, sangat penting memilih jurusan dengan cermat. Jangan hanya ikut-ikutan jurusan yang sangat ini sedang populer saja. Pertimbangkan jurusan sesuai passion atau pekerjaan saat ini.

Gunakan Teknologi untuk Menunjang Kuliah

Saat ini kita berada di era digital dan teknologi yang sangat maju. Sebagai mahasiswa di masa kini, Anda harus bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk menunjang kuliah maupun pekerjaan. Dengan bantuan teknologi, pekerjaan dan tugas kuliah Anda mungkin akan lebih mudah diselesaikan.

Pintar dalam Mengatur Waktu

Memiliki dua prioritas tentu saja akan membuat Anda sangat sibuk. Tidak sedikit orang yang gagal menjalankannya karena tidak bisa menentukan prioritas. Sebagai mahasiswa yang bekerja, Anda harus pintar dalam mengatur waktu. Manajemen waktu yang baik bisa membuat pekerjaan dan tugas kuliah terselesaikan dengan baik.

Selalu Asah Kemampuan Diri

Kuliah yang dijalankan sambil bekerja menjadi waktu terbaik untuk meng-upgrade diri. Anda akan bertemu banyak relasi baru di kampus yang memiliki passion atau tujuan sama. Manfaatkan hal tersebut untuk mengasah kemampuan diri dan belajar banyak dari pengalaman mereka.

Jangan Lupa untuk Beristirahat

Kuliah dan bekerja memang akan menghabiskan banyak waktu Anda. Jika biasanya Anda bisa liburan, maka saat ini Anda harus merelakannya. Meskipun tidak bisa liburan seperti biasanya namun Anda wajib beristirahat. Jangan sampai Anda kelelahan karena mengerjakan tugas dan pekerjaan. Ketika sakit akibat kelelahan, semua pekerjaan dan tugas malah akan sia-sia.

Itulah tips kuliah sambil kerja agar lebih maksimal yang bisa Anda ikuti. Sekarang saatnya Anda mencari kampus yang menawarkan kelas karyawan. Salah satu kampus yang bisa Anda jadikan pilihan adalah STMIK Indo Daya Suvana atau IDS Digital College. Kampus ini memiliki beberapa jurusan di bidang IT yang bisa dipilih seperti software engineering, cyber security, dan mobile apps & games development. Selain kelas karyawan, IDS Digital College juga menawarkan program ekstensi D3 ke S1. Dapatkan informasi lainnya mengenai kelas karyawan tersebut di www.ids.ac.id.