Cyber Security Indonesia merupakan salah satu profesi yang cukup langka khususnya di Indonesia. Padahal profesi ini memiliki banyak sekali peluang kerja dan menjadi salah satu profesi yang paling banyak dibutuhkan.

Apalagi dikatakan bahwa hingga 2025 nanti Indonesia masih membutuhkan pekerja digital hingga mencapai 110 juta. Dan angka ini masih terisi sekitar 19% saja, itu artinya terdapat 81% posisi kosong yang bisa belum terisi hingga 4 tahun ke depan. Hitung saja berapa jumlahnya.

Cyber security indonesia
Cyber security indonesia

Peluang Kerja Tinggi

Lulusan jurusan IT terutama di bidang Cyber security indonesia masuk dalam daftar pekerjaan yang memiliki peluang kerja sangat tinggi. Hal ini lantaran tidak banyak tenaga kerja di bidang Cyber Security yang didukung pula dengan fakta bahwa masih sedikit kampus di Indonesia yang memiliki jurusan ini.

Kurangnya informasi mengenai bidang ini, membuat masyarakat Indonesia kurang memahami apa saja kelebihan yang kamu dapatkan jika menjadi seorang ahli dalam bidang Cyber Security.

Selain memiliki peluang kesempatan kerja yang tinggi karena kebutuhan akan tenaga Cyber Security tidak diimbangi dengan Sumber Daya Manusia yang memadai. Membuat peluang di bidang pekerjaan ini cukup tinggi bahkan di antara profesi IT lainnya.

Hal ini tidak lepas dari peran peningkatan jumlah internet yang semakin bertambah setiap tahunnya khususnya di Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna sosial media terbesar di dunia. Sehingga kejahatan siber di Indonesia pun ikut meningkat.

Selama pandemi Covid-19 kejahatan dunia maya berkembang dan meningkat hingga empat kali lipat. Hal ini membuktikan bahwa peranan dari Cyber Security sangat dibutuhkan di Indonesia.

Apalagi kini banyak orang memilih bekerja dari rumah atau Work From Home untuk menghindari kontak dengan manusia lain selama Pandemi covid-19. Hal ini membuat semua pekerjaan harus dilakukan via online dan menjadi semakin rentan menjadi sasaran kejahatan siber.

Karena semua data penting perusahaan biasanya disimpan di cloud agar bisa diakses bersama di mana saja dan kapan saja. Maka apabila data tersebut tidak dijaga oleh tenaga Cyber Security Engineer, data perusahaan bisa dicuri kapan saja oleh orang tidak bertanggung jawab dan disalahgunakan.

Jika berbicara mengenai penghasilan yang bisa didapatkan oleh seorang ahli Cyber Security Engineer adalah, di Amerika sendiri tenaga ahli ini bisa mendapatkan gaji hingga 120,000 dollar dalam satu tahun. Cukup menggiurkan bukan?

IDS College Kampus Jurusan Cyber Security Terbaik

Memang saat ini belum banyak kampus di Indonesia yang memiliki jurusan Cyber Security. Namun bagi kamu yang berminat untuk terjun ke dunia Cyber Security Indonesia Cyber Security Indonesia maka kamu bisa menjadikan kami sebagai pilihan terbaik.

Di sini terdapat program study Cyber Security yang fokus terhadap Proteksi dunia maya dan Teknik Pengamanan. Mahasiswa akan belajar mengenai teknik merancang sistem sekuriti, teknik pertahanan dari tindakan cyber attack, pengujian sistem.

Dan mahasiswa di sini juga akan belajar teknik meretas atau hacking yang sesuai dengan etika dan hukum.

IDS College menyediakan beberapa mata kuliah yang bisa diambil bagi kamu yang berminat di dalam bidang ini, mata kuliah yang ada meliputi :

1.) Pemrograman Dasar.

2.) Computer Security Foundation

3.) Algorithm & Programming

4.) Cyber Security Analyst

5.) Network Programming

6.) Secure Web Programming

7.) Cyber Forensic.

Dan masih banyak mata pelajaran dihadirkan oleh IDS College untuk mahasiswa jurusan Cyber Security.

Dengan peluang pekerjaan yang luas, sayangnya tenaga ahli Cyber Security Indonesia jumlahnya masih sangat terbatas. Sehingga bagi kamu yang masih bingung ingin mencoba karir di bidang apa, mudah-mudahan ulasan diatas bisa jadi referensi.