Di era ini, kartu kredit sepertinya sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang. Pasalnya banyak sekali kemudahan dan keuntungan yang bisa didapatkan dengan adanya kartu kredit. Kartu kredit sendiri merupakan alat pembayaran yang bisa digunakan layaknya kredit. Jadi Anda bisa memakainya terlebih dahulu, lalu membayarnya belakangan. Karena bekerja seperti kredit, maka tidak semua pengajuan kartu kredit seseorang disetujui.

Banyak sekali orang yang mengeluh pengajuan kartu kreditnya tidak disetujui meski telah melakukan aplikasi berkali-kali. Agar tidak bernasib sama, Anda perlu mengetahui tips-tips pengajuan aplikasi kartu kredit pertama berikut ini:

pengajuan kartu kredit
pengajuan kartu kredit

Pilih Bank yang Ramah Akan Kartu Kredit Pertama

Setiap bank memiliki kebijakan masing-masing pada pengajuan aplikasi kartu kredit pertama. Jika ingin lolos, sebaiknya cari bank yang mudah menyetujui pengajuan aplikasi. Cari tahu bank tersebut melalui testimoni dari nasabah sebelumnya. Anda bisa mencarinya melalui sosial media atau internet.

Pertimbangkan untuk Mengajukan Aplikasi di Gerai Mall

Beberapa bank terkadang membuka gerai di mall atau pusat perbelanjaan untuk melakukan pemasaran. Manfaatkan fasilitas tersebut untuk mengajukan kartu kredit pertama Anda. Biasanya pengajuan di gerai tersebut lebih mudah disetujui dibandingkan kantor bank. Pasalnya pihak bank menganggap orang yang mengunjungi mall adalah individu konsumtif yang layak mendapatkan fasilitas kartu kredit.

Periksa Riwayat Kredit

Salah satu alasan pengajuan kartu kredit ditolak adalah riwayat kredit yang buruk. Riwayat kredit bisa buruk karena banyak hal seperti gagal kredit, kredit macet, dan lain sebagainya. Apabila riwayat kredit buruk, sebaiknya perbaiki terlebih dahulu karena bank biasanya tidak akan menerima pengajuan Anda.

Pilih Kartu Kredit yang Tepat

Setiap bank menawarkan kartu kredit dengan fasilitas yang berbeda-beda. Anda harus memilih jenis kartu kredit yang tepat. Sesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah penghasilan. Apabila salah memilih jenis kartu kredit, maka pengajuan bisa ditolak.

Isi Formulir dengan Baik

Jika sudah merasa layak untuk mendapatkan fasilitas kartu kredit tertentu, Anda kemudian tinggal melakukan pengajuan. Bank akan meminta Anda mengisi formulir serta melengkapi persyaratan. Isi formulir tersebut dengan baik dan jujur. Apabila ada kesalahan dalam pengisian formulir, pengajuan bisa ditolak. Oleh sebab itu baca dengan baik syarat dan ketentuan sebelum melakukan pengajuan.

Ikuti Proses Verifikasi

Proses verifikasi dilakukan bank dengan cara menelpon nasabah. Tujuan verifikasi yaitu mencocokkan data dengan jawaban nasabah. Banyak yang gagal dalam proses verifikasi karena tidak bisa dihubungi. Selalu bawa ponsel Anda kemanapun ketika berada pada masa-masa verifikasi yaitu kurang lebih 1-2 minggu setelah pengajuan aplikasi.

Ajukan Aplikasi Kartu Kredit di Bank Sinarmas

Bank Sinarmas merupakan bank swasta yang kredibel, terpercaya, dan dikenal secara luas. Demi memudahkan nasabah memiliki kartu kredit, bank ini menawarkan produk yang dinamakan dengan Secure Credit Card. Kemungkinan diterima lebih tinggi karena Anda akan menyimpan dana atau yang dikenal dengan lock dana. Berikut ini cara pengajuan Secure Credit Card yang bisa diikuti:

  1. Memiliki rekening tabungan bank.
  2. Masuk pada Program Tabungan Online.
  3. Pilih menu Secure Credit Card.
  4. Transfer setoran awal mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 2 Milyar ke nomor virtual yang telah ditentukan.
  5. Tunggu proses verifikasi.
  6. Jika disetujui maka akan ada penjadwalan untuk mengirimkan kartu fisik ke alamat Anda.

Itulah tips pengajuan kartu kredit agar cepat disetujui. Jika mengajukan di Bank Sinarmas, maka kemungkinan disetujui sangat tinggi karena adanya lock dana. Biasanya limit yang didapatkan disesuaikan dengan lock dana. Semakin banyak lock dana maka semakin tinggi pula nilai limitnya. Lebih lengkapnya bisa Anda lihat di website resmi Bank Sinarmas yaitu www.banksinarmas.com.