Pertumbuhan merupakan proses perubahan pada anak yang ditandai dengan penambahan ukuran fisik maupun bentuk tubuh. Jadi pertumbuhan anak ini bisa diukur dan dinilai dengan angka. Namun sebelum melakukan pengukuran, Mam perlu tahu apa saja parameter pertumbuhan yang harus diperhatikan. Kebanyakan orang tua mengukur pertumbuhan melalui berat dan tinggi badan. Selain kedua hal tersebut, ternyata ada parameter pertumbuhan lainnya yang perlu Mam ketahui. Langsung saja, berikut di antaranya:

Tinggi Badan

pertumbuhan anak
pertumbuhan anak

Parameter pertumbuhan yang pertama adalah panjang atau tinggi badan. Tinggi badan mudah sekali diukur dengan pengukuran yang memiliki satuan centimeter. Pasalnya tinggi badan ditulis dengan satuan sentimeter. Biasanya pengukuran dibandingkan dengan usia anak atau dibandingkan dengan berat badan yang dimiliki. Anak dikatakan ideal apabila berat badan dan tinggi badan proporsional.

Berat Badan

Berat badan pada anak diukur menggunakan timbangan dengan satuan kilogram. Tidak ada patokan untuk kenaikan berat badan karena biasanya kenaikan tersebut berubah seiring bertambahnya usia. Pada usia tertentu, anak mengalami kenaikan berat badan yang pesat. Namun setelahnya kenaikan terjadi tidak terlalu signifikan.

Lingkar Lengan Atas

Lingkar lengan atas dilakukan sebagai skrining kurang gizi. Biasanya hanya orang yang kompeten atau tenaga kesehatan saja yang bisa melakukan dan menilainya. Melalui lingkar lengan atas, Mam bisa mengetahui apakah si Kecil termasuk cukup atau kurang gizi.

Indeks Masa Tubuh

Parameter yang terakhir adalah body mass index (BMI) atau indeks massa tubuh. BMI pada umumnya dilakukan untuk skrining kasar obesitas. Cara menghitungnya yaitu berat badan dibagi dengan tinggi badan kuadrat. Angka yang dihasilkan nantinya harus diplot dalam kurva pertumbuhan terlebih dahulu.

Itulah parameter pertumbuhan anak yang perlu Mam ukur secara berkala. Mengukur pertumbuhan juga bisa membantu Mam untuk mendeteksi masalah pertumbuhan. Untuk mendukung pertumbuhan anak, Mam perlu memberikan dukungan melalui nutrisi dan stimulasi. Stimulasi biasanya didapatkan anak-anak melalui kegiatan sehari-hari dan mainan yang dimainkan. Sedangkan nutrisi melalui makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan. Wyeth Nutrition menghadirkan susu pertumbuhan untuk anak 1 tahun ke atas yaitu S-26 GOLD yang terdiri dari S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD.