Dalam kehidupan sehari- hari tidak terlepas dari campur tangan orang- orang kreatif yang menciptakan desain dengan begitu apik. Mereka meringkas sebuah pesan tersembunyi dari apa yang ingin mereka sampaikan melalui sebuah visual yang sangat menarik dan mudah di pahami. Karena desain grafis sangat erat kaitannya dengan komunikasi, persepsi, dan pencitraan. Di era modern seperti sekarang, kemampuan di bidang desain grafis membuka berbagai peluang di bidang professional. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk sekolah design, karena memiliki prospek kerja yang luas.

Kebutuhan pelaku bisnis akan gambar yang mampu mengkomunikasikan pesan kepada khalayak semakin meningkat. Baik dalam usaha pemasaran atau sekedar untuk eksibisi seni, pengaruh desain grafis dalam perputaran roda ekonomi semakin signifikan. Dalam dunia bisnis, desain grafis akan sangat membantu dalam pembuatan branding mulai dari logo, brosur, kartu nama, serta desain website yang menarik dan unik.

Sekolah Design

Peranan desain grafis dalam dunia bisnis sangatlah besar diantaranya:

  1. Menciptakan Branding Perusahaan

Peranan desain grafis dalam dunia bisnis memang tidak diragukan lagi, desain memiliki peranan yang besar dalam pencitraan serta peningkatan penjualan. Desain bisa hadir dalam berbagai macam bentuk seperti desain web, poster, brosur, benner, logo dan masih banyak lagi desain yang dibutuhkan untuk bisnis.

Selain itu desain grafis merupakan salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Karena desain mampu menggambarkan citra atau image yang dibangun pada sebuah prusahaan atau produk sehingga menarik customer.

  1. Dapat menghemat waktu

Hamper semua pelaku bisnis kurang berpengalaman dan pengetahuan dalam hal membuat desain, sehingga desain yang mereka buat tidak sesuai dengan selera pasar dan terlalu cepat dimakan oleh waktu. Sehingga dalam dalam hitungan waktu yang singkat mereka harus kembali mendesain ulang logo, kartu nama, kop surat, website dan hal lainnya.

Dengan adanya seorang desainer grafis yang profesional yang memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang apa yang harus mereka desain untuk bisnis, maka mereka dapat menyesuaikan desain dengan target pasar, serta tahu membuat bagaimana membuat desain yang bertahan lama.

  1. Mempercepat proses kerja dengan menyajikannya dalam bentuk grafis

Seorang desain grafis dapat memberikan hasil karya dengan menyajikan presentasi pekerjaan berupa gambar, atau sebuah tulisan dengan gaya desain yang bisa mewakili presentasi pekerjaan. contohnya seperti proposal, dengan adanya seorang desainer grafis maka tidak perlu menyusun laporan dengan format yang banyak tulisan sehingga terkadang membuat orang malas untuk membacanya. Cukup poin- poin penting yang ingin disampaikan dan dibuat dalam dalam bentuk desain yang menarik.

  1. Memberikan sisi kreativitas

Seorang desain grafis tentunya sudah pasti memberikan sentuhan kreativitas dalam dunia bisnis, desain grafis mampu memberikan efek positif pada produk yang akan dijual, dengan desain yang menarik maka akan mampu menarik customer yang lebih banyak.

Dengan bermunculannya berbagai pelaku bisnis dan juga persaingan yang ketat maka permintaan jasa seorang design grafis juga meningkat. Untuk memperoleh peluang tersebut maka memilih sekolah design merupakan pilihan yang tepat untuk masa depan yang cerah.

Jika Anda tidak memiliki waktu yang lama untuk mempelajari ilmu desain grafis maka Anda dapat memilih Short Course Digital Desain yang pembelajarannya diisi oleh materi yang membimbing peserta untuk mampu membuat karya visual dalam berbagai platform yang dapat bercerita, informasi, menyelesaikan masalah dan persuasif.

Kelas desain di Program Short Course IDS terbagi menjadi dua tingkatan yaitu basic dan Advance. Dalam tingkatan Basic design, Anda akan diajarkan pemahaman dasar dan pengolahan foto secara digital. Beberapa materi yang didalami adalah manipulasi foto, koreksi gambar sederhana dan pembuatan ilustrasi digital berbasis vektor.

Sedangkan dalam tingkatan Advance Design, Anda akan belajar menggunakan berbagai fitur dari software yang digunakan untuk membuat desain multipage seperti katalog, booklet dan buku. Dengan mengikuti kelas ini maka Anda dapat menjadi seorang desain grafis yang profesional.