Di Indonesia, industri perfilman tengah mengalami perkembangan. Buktinya banyak sineas-sineas tanah air yang mampu melahirkan karya-karya film yang luar biasa. Bukti lainnya bisa kita lihat dari banyaknya sekolah film yang saat ini hadir di tengah-tengah kita. Sangat bagus sekali bagi sebagai sarana bagi yang tertarik menjadi seorang sineas.

Sekolah perfilman di Indonesia cukup menjanjikan. Pasalnya, ada segudang pekerjaan bagi para sineas sekolah perfilman yang bisa dipilih. Adapun daftar pekerjaan seru bagi para sineas, akan kami paparkan di bawah ini:

1.  Seorang Produser

Produser memiliki peran yang sangat penting sekali di dalam produksi perfilman. Produser memiliki peran yang cukup vital. Produser juga memiliki peran penting yang menjadi penentu apakah output film yang diproduksi berkualitas atau tidak.

Produser sendiri memiliki dua bidang yang berbeda. Pertama yaitu sebagai eksekutif produser, dan kedua yaitu sebagai line produser. Eksekutif produser bertanggung jawab dalam menyusun anggaran dan memilih pemain, sedangkan line produser bertugas memimpin produksi film.

sekolah film

2.  Penulis Skenario Film

Bagus atau tidaknya sebuah film bisa dinilai dari seberapa bagus skenario yang dibuat. Di sekolah perfilman, Anda juga akan belajar bagaimana cara menulis skenario film. Profesi di bidang ini, mengandalkan kemampuan dalam imajinasi dan juga menyusun sebuah cerita.

Namun, skenario film tidak bisa langsung diproses. Skenario yang dibuat harus diajukan terlebih dahulu pada seorang produser untuk dinilai. Jika produser menyukainya, dan skeneario dirasa bagus, proses pembuatan akan dikerjakan.

Penghasilan seorang penulis skenario tergolong cukup menggiurkan. Terlebih jika skenario yang dibuat untuk kebutuhan sinetron, atau serial kejar tayang.

3.  Seorang Art Director

Seorang art director memiliki tugas yang cukup berat. Seorang art director harus menguasai teknis dalam pembuatan sebuah film. Seorang director bertanggung jawab dari visual  film yang dibuat.

Visual film yang dimaksud di antaranya pemilihan kostum, properti film, dan masih banyak lainnya. Goal dari seorang art director adalah membuat penonton merasa nyaman saat menonton film yang dibuat.

Seorang art director juga bertugas untuk menjalin setiap gambar agar menjadi padu antara satu dengan yang lain.

4.  Menjadi Seorang Sutradara

Sutradara memiliki peran yang vital dalam pembuatan film. Sebuah film tidak akan berhasil diproduksi tanpa adanya seorang sutradara. Pendalaman karakter hingga rekayasa teknologi pada sebuah film semuanya merupakan tanggung jawab seorang sutradara.

Seorang lulusan perfilman, berpeluang besar untuk menjadi seorang sutradara yang berperan dalam pembuatan sebuah film. Penghasilan seorang sutradara pun tergolong tinggi. Bahkan bisa setara dengan artis-artis yang berperan pada suatu film.

5.  Bekerja di Balik Layar Perfilman

Ada banyak bidang yang berperan penting di balik layar perfilman. Seorang sutradara juga merupakan salah satunya. Namun, yang dimaksud di balik layar di sini bisa berarti sangat luas sekali.

Selain seorang art director, produser, dan sutradara, ada bidang lainnya yang bekerja di balik layar. Adapun bidang tersebut di antaranya seperti seorang lighting, editor, orang yang bertugas dalam pengaturan sound, dan masih banyak lainnya.

Dalam sekolah perfilman, Anda juga akan belajar mengoperasikan berbagai peralatan seperti kamera, lighting, dan peralatan lainnya.

Kesimpulan

Sekolah perfilman merupakan salah satu solusi bagi yang ingin terjun di industri perfilman. Sekolah perfilman juga sangat menjanjikan karena ada banyak sekali pekerjaan yang menanti para calon sineas setelah lulus.

Demikian informasi seputar daftar pekerjaan yang bisa dipilih oleh seorang lulusan sekolah film. Bagi yang berencana perfilman, kini Anda bisa memilih IDS sebagai salah satu tempat terbaik karena merupakan institusi pendidikan berkredibilitas tinggi.