Belajar design grafis kan bisa secara otodidak, lalu, buat apa kita harus kuliah? Sekelumit pertanyaan tersebut seringkali diutarakan oleh mereka yang ingin bergelut di bidang tersebut. Banyak kalangan yang menilai bahwa kuliah design merupakan hal yang tidak terlalu penting.

Banyaknya tutorial yang bisa kita akses secara online saat ini memudahkan kita untuk mempelajarinya. Namun, tahukah Anda, bahwa ternyata, kuliah desain grafis menawarkan benefit yang lebih banyak. Mari kita kupas secara detail pada artikel ini.

Mata Pelajaran Kuliah Desain Grafis

Banyaknya tutorial desain grafis di internet membawa seseorang untuk berspekulasi bahwa semua sudah lengkap tanpa harus kursus atau kuliah. Namun, hal tersebut ternyata salah besar. Karena banyak ilmu, keterampilan, atau bahkan pengalaman yang bisa didapatkan di internet.

Di institusi pendidikan, Anda tidak hanya akan belajar teori dan praktik saja. Anda juga akan dibekali dengan ilmu serta wawasan dari berbagai sisi. Mulai dari sisi filosofi sebuah desain grafis, hingga pengetahuan seputar cara mendesain yang tepat dan disukai oleh para klien.

Mata pelajarannya juga sangat lengkap. Mulai dari basic, hingga advanced. Itu artinya, Anda bisa belajar tentang desain mulai dari nol hingga menjadi seorang yang mahir. Anda juga bisa cek langsung mata pelajaran apa saja yang bisa didapatkan melalui website institusi pendidikan terkait.

Kuliah Design
Kuliah Design

Tenaga Pengajar

Di sebuah institusi pendidikan, Anda akan belajar dari seorang tenaga pengajar yang profesional. Bahkan, mereka adalah orang-orang yang aktif di bidang tersebut. Artinya, Anda bisa belajar seputar desain, dan juga belajar dari pengalaman mereka selama bergelut menjadi seorang desainer grafis.

Itulah kenapa, ilmu dan keterampilan yang Anda dapatkan jauh lebih berkualitas dan berbobot. Sehingga, setelah lulus nanti, Anda akan langsung siap terjun di bidang tersebut dan berhadapan langsung dengan klien.

Prospek Kerja Setelah Lulus

Setelah lulus, Anda akan mendapatkan sertifikat dan portofolio selama Anda belajar di institusi pendidikan. Sertifikat dan portofolio juga menjadi bekal bagi yang ingin memulai bergelut di bidang tersebut.

Prospek Anda setelah lulus nanti pun akan semakin terbuka lebar. Terutama jika Anda lulusan dari institusi pendidikan yang kredibel dan ternama. Tentunya Anda akan dibutuhkan dan diprioritaskan.

Selain bekerja di perusahaan-perusahaan, lulusan kuliah desain grafis juga berpotensi untuk membuka usaha sendiri. Usahanya tentu saja di bidang yang mereka geluti. Saat ini, jasa desainer grafis tergolong sangat dibutuhkan. Pasalnya, desain grafis adalah bidang yang memenuhi berbagai aspek.

Institusi Pendidikan Kuliah Desain Grafis Terbaik

Jika Anda sedang mencari institusi pendidikan di bidang desain grafis, kami punya salah satu rekomendasi terbaik, yaitu IDS (International Design School). IDS merupakan institusi pendidikan di bidang visual communication. Desain grafis adalah salah satu fakultas yang ada di tempat tersebut.

IDS memiliki tenaga pengajar yang profesional dan ahli di bidangnya. Tidak hanya sampai di situ saja, bahkan, IDS juga memiliki mata pelajaran terlengkap, dan juga kurikulum terbaru. Dengan begitu, setelah lulus nanti, Anda bisa langsung siap kerja di bidang terkait.

IDS juga memiliki fasilitas yang lengkap. Mulai dari komputer hingga software editing desain grafis yang umum digunakan. Jadi, Anda tidak perlu membawa perlengkapan tersebut dari rumah, karena sudah disediakan.

Nah, itulah berbagai hal menarik seputar kuliah design. Semoga informasi di atas membantu Anda yang saat ini sedang berencana untuk menggeluti bidang tersebut. IDS adalah salah satu tempat yang tepat dan cocok untuk kebutuhan Anda.