Masa anak-anak adalah masa yang sangat penting sebagai tahapan dari proses pertumbuhan anak. Di masa anak-anak proses perkembangan akan dimulai seperti belajar, berpikir, mengenal dunia baru, dan mengenal berbagai hal yang ada di sekelilingnya. 

Dalam proses perkembangan anak ada tahapan perkembangan kognitif atau bisa disebut dengan perkembangan pikiran. Penting sekali untuk mengetahui ciri perkembangan kognitif anak usia dini agar perkembangan kognitifnya dapat berjalan dengan baik.

ciri perkembangan kognitif anak usia dini
ciri perkembangan kognitif anak usia dini

Masa anak-anak adalah masa penentu dimana banyak sekali proses tumbuh dan kembang yang berlangsung cepat. Salah satu proses perkembangan yang sangat penting adalah perkembangan kemampuan kognitif.

Dimana ciri perkembangan kognitif anak usia dini merupakan proses yang melibatkan otak termasuk kemampuan untuk berpikir, mengingat, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Kemampuan kognitif penting sekali untuk diperhatikan, karena memiliki pengaruh yang cukup besar untuk masa depan si kecil.

Tahapan-tahapan perkembangan kognitif anak usia 1-3 tahun yang perlu untuk diketahui meliputi:

1. Tahap Sensorimotor (0 – 24 Bulan)

Tahap sensorimotor dialami oleh bayi yang baru lahir hingga menginjak usia 24 bulan atau 2 tahun. Pada tahap awal kehidupan, kemampuan si kecil masih cukup terbatas. Namun, setiap anak terlahir dengan bawaan berupa refleks dan rangsangan untuk mencari tahu apa yang ada di sekitarnya.

2. Tahap Pra-Operasional (2 – 7 Tahun)

Ciri dalam tahapan ini, si kecil mulai mengalami perkembangan pada konsep intuitif dan penggunaan simbol. Dalam tahapan pra-operasional ini terdapat tahapan Pra-operasional yang berlangsung pada usia 2 – 4 tahun. Pada tahapan ini si kecil sudah mampu untuk mengembangkan konsepnya dengan menggunakan bahasa sederhana. Ciri perkembangan kognitif anak usia dini pada tahap ini diantaranya:

  • Anak mampu untuk mengelompokkan objek secara tunggal dan mencolok
  • Anak mampu untuk mengumpulkan benda-benda berdasarkan dengan kriteria
  • Anak mampu untuk menyusun beberapa benda secara berderet
  • Self counter yang sangat menonjol

Untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki anak selama masa pertumbuhannya, lengkapilah nutrisinya dengan rangkaian produk Dancow. Dancow Gum, growing up milk adalah susu pertumbuhan yang diformulasikan secara khusus untuk anak usia 1-3 tahun.

Inovasi baru yang dihadirkan oleh DANCOW 1+ dengan Nutritods, merupakan Susu Pertumbuhan yang diformulasi khusus untuk Toddler Indonesia usia 1-3 tahun. Dengan kandungan nutrisi yang baik dan bermanfaat untuk melindungi masa pertumbuhan si kecil dan mendukung eksplorasinya.