Anda sedang mencari info prospek kerja teknik informatika? Jangan kemana-mana, Anda bisa menemukannya dalam artikel ini! Tak dapat dipungkiri bahwa jurusan teknik informatika atau disebut juga dengan jurusan IT, merupakan salah satu jurusan yang paling diminati. Berbeda dengan saudara dekatnya yaitu ‘sistem informasi’, jurusan teknik informatika ini lebih fokus mempelajari komputer, baik dari segi hardware maupun software. 

Mereka yang mengambil teknik informatika biasanya dianggap sebagai ‘nerd’ karena cenderung mempelajari banyak hal dan seringnya belajar berjam-jam didalam kamar. Namun perlu Anda ketahui, lulusan teknik informatika sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan besar. Nah bagi Anda yang masih ragu untuk mengambil jurusan teknik informatika, berikut beberapa prospek kerjanya!

prospek kerja teknik informatika
prospek kerja teknik informatika
  • Web Developer

Bukan rahasia lagi, prospek kerja teknik informatika yang paling umum yaitu web developer. Ya betul sekali, pembuatan website ini memang menjadi materi perkuliahan utama di kampus, sehingga prospek kerjanya pasti kesana. Terdapat tiga jenis profesi yang berkaitan dengan teknik informatika yaitu front-end, back-end, dan full-stack developer. 

Front-end berarti mengurusi elemen-elemen estetika dari website, sehingga website terlihat bagus dan sesuai dengan yang diinginkan klien. Sedangkan back-end berarti mengurusi database atau coding website secara keseluruhan. Sedangkan full-stack developer ini mengurusi semuanya, mulai dari back-end, front-end, hingga hal-hal lain seperti SEO. 

Perusahaan yang bergerak di bidang IT rela membayar web developer dengan gaji yang sangat tinggi. Namun tentu saja, perusahaan juga akan melihat skill dan portfolio Anda.

  • Mobile App Developer

Hari ini, salah satu profesi yang paling menjanjikan dari segi pendapatan yaitu mobile application developer. Sesuai namanya, jenis developer satu ini bertugas membuat aplikasi smartphone, baik itu Android ataupun iOS. Dibanding web developer, gaji mobile app developer jauh lebih tinggi. Mengapa bisa lebih tinggi? 

Pertama jelas bahwa pembuatan aplikasi smartphone jauh lebih rumit dibanding website. Kedua karena dibutuhkan pemahaman coding yang jauh lebih rumit. Perusahaan rela menggaji mobile app developer dengan nominal yang sangat tinggi, bahkan diatas 20 juta perbulan. Setelah lulus, lulusan teknik informatika bisa mengambil jalur profesi ini.

  • Konsultan IT

Jika Anda mencari pekerjaan yang mudah namun digaji mahal, maka konsultan IT bisa jadi merupakan jawabannya. Sebagai IT konsultan, tugas Anda hanya mengevaluasi sistem komputerisasi dan melakukan berbagai penelitian dan pengembangan terkait sistem komputerisasi. Jadi yang dibutuhkan perusahaan dari Anda adalah murni pemahaman Anda. Dibawah Anda ada berbagai jenis profesi lainnya yang tentunya bekerja berdasarkan pendapat Anda. Perlu Anda ketahui, kebanyakan perusahaan besar dan startup membutuhkan jasa konsultan IT ini. 

  • IT Spesialis Kesehatan

Ada banyak jalur pekerjaan yang bisa Anda ambil setelah lulus kuliah, misalnya IT spesialis kesehatan. Sesuai namanya, tugas Anda yaitu mengurusi berbagai hal terkait komputerisasi di rumah sakit. Jadi tak hanya pemahaman akan hardware & software konvensional, seorang IT kesehatan juga perlu memahami hal-hal terkait bidang kesehatan, khususnya alat kesehatan. Dibanding tenaga medis biasa, tentu gaji IT spesialis kesehatan ini jauh lebih tinggi.

  • Software Engineer

Anda sangat gemar membuat software untuk PC? Maka setelah lulus, Anda bisa mengambil profesi software engineer!

Nah itulah beberapa prospek kerja teknik informatika, Anda mau mengambil jalur kerja yang mana? Jika Anda baru mau mengambil jurusan TI, pastikan Anda memilih kampus yang tepat. IDS Digital College menyediakan jurusan teknik informatika dengan kurikulum berbasis internasional. Selain itu IDS Digital College juga mengedepankan metode ‘real world assignment’, jadi benar-benar applicable! Jadi ayo segera mendaftar di IDS Digital College!.