Produk simpanan berupa deposito menjadi alternatif tabungan ideal bagi para ibu rumah tangga hingga investor pemula. Bagaimana tidak, produk ini memiliki risiko yang rendah sehingga aman untuk mereka yang belum berpengalaman dalam berinvestasi.

Selain risiko yang rendah, produk simpanan deposito juga memiliki keuntungan lebih besar dibandingkan dengan produk tabungan biasa karena suku bunga deposito lebih tinggi. Lebih jelasnya, berikut ini pembahasan mengenai apa itu deposito, ciri khas deposito, serta cara daftar deposito untuk pemula:

Pengertian Deposito

Deposito adalah sebuah produk simpanan dari bank yang proses penyetoran serta penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja. Apabila dana diambil sebelum waktu yang ditetapkan, maka nasabah bisa mendapatkan penalti.

apa itu deposito
apa itu deposito

Yang lebih menarik dari produk ini adalah keuntungan yang semakin besar jika Anda memilih jangka waktu yang lama. Selain itu, rerata keuntungan dari deposito relatif stabil dibandingkan dengan emas, saham, atau obligasi pemerintah.

Ciri Khas Deposito

Ciri khas yang ada di bawah ini mungkin juga bisa menjelaskan lebih detail mengenai apa itu deposito. Pahamilah dengan baik ciri-cirinya sehingga Anda bisa mengetahui perbedaan deposito dengan tabungan biasa atau investasi lainnya. Langsung saja, berikut ini ciri khas dari deposito yang harus Anda ketahui:

1. Minimal setoran

Biasanya saat akan membuka rekening baru di bank, Anda akan diminta untuk melakukan setoran awal dengan minimal nominal tertentu. Hal tersebut juga sama saja dengan deposito yang mengharuskan Anda untuk menempatkan setoran awal dengan minimal nominal tertentu. Biasanya minimal nominal penempatan dari deposito lebih tinggi dari tabungan biasa, namun hal tersebut tergantung kebijakan bank yang Anda pilih.

2. Pencairan dana

Berbeda dengan tabungan biasa yang bisa Anda ambil kapanpun, deposito tidak bisa diambil sebelum tenor atau jangka waktu yang telah ditetapkan. Apabila Anda mencairkan dana sebelum tenor habis maka akan dikenakan penalti atau sanksi.

3. Jangka waktu simpanan

Saat mendaftar deposito, Anda nanti akan diminta untuk memilih tenor atau jangka waktu simpan. Jadi Anda lah yang nanti menentukan tenor deposito akan lama atau sebentar. Jangka waktu yang dihadirkan yaitu mulai dari 1, 3, 6, 12, bahkan hingga 24 bulan. Apabila deposito untuk investasi jangka pendek maka Anda bisa memilih tenor pendek, namun jika digunakan untuk tabungan jangka sedang maka Anda bisa memilih tenor yang lebih panjang.

4. Bunga deposito

Keuntungan investasi deposito didapatkan dari bunga deposito yang lebih tinggi dari bunga tabungan. Beberapa bank bahkan memberikan penawaran bunga yang cukup tinggi sehingga keuntungan investasi lebih banyak.

5. Risiko rendah

Investasi pada deposito memiliki risiko yang rendah karena LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan memberikan jaminan keuntungan. Jadi meskipun bank yang dipilih bangkrut, Anda akan tetap mendapatkan keuntungan. Namun pastikan bahwa Anda memilih bank yang tercatat sebagai anggota LPS.

Cara Daftar Deposito yang Mudah di Bank Sinarmas

Apabila tertarik untuk investasi dengan deposito, Anda bisa mendaftarkan diri di Bank Sinarmas. Produk deposito dari bank ini menguntungkan karena bunga relatif tinggi, nominal penempatan rendah, nilai investasi tinggi, serta tersedia dalam berbagai mata uang. Berikut ini adalah cara daftar deposito yang bisa Anda ikuti:

1. Memiliki rekening tabungan atau giro

2. Isilah formulir pembukaan rekening deposito dengan benar dan lengkap

3. Tentukan nominal penempatan yaitu mulai Rp 8 juta

4. Tentukan tenor atau jangka waktu penempatan

Itulah pembahasan mengenai apa itu deposito, ciri khas, serta cara mudah daftar deposito di Bank Sinarmas. Informasi lebih lengkap mengenai produk deposito yang dihadirkan bisa Anda lihat melalui website banksinarmas.com.