Selain barang-barang elektronik, dan kendaraan bermotor, biasanya orang juga akan mencoba gadai sertifikat rumah mereka jika terdesak dan butuh dana cepat dengan segera. Biasanya, mereka yang memilih untuk gadai sertifikat ini adalah mereka yang ingin mendapatkan pinjaman dana dalam jumlah yang lebih besar daripada gadai aset lainnya. 

Maka dari itu, dengan jumlah dan resiko yang lebih besar ada baiknya untuk Anda berhati-hati ketika hendak menggadai sertifikat rumah ini. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak mudah tertipu ataupun terjerumus kedalam kesalahan dan juga agar permohonan pinjaman Anda bisa disetujui dengan mudah. Apa sajakah hal tersebut? untuk lebih lengkapnya mari kita simak berikut ini. 

1. Perhatikan lokasi rumah Anda 

Seperti yang telah dijelaskan diatas sebelumnya, bahwa dengan gadai sertifikat tempat tinggal atau rumah, bisa menjadi jaminan yang cukup tinggi untuk mendapatkan pinjaman dalam jumlah besar. Sayangnya, tidak semua jenis rumah bisa dijadikan agunan untuk pinjaman Anda. Setidaknya ada beberapa faktor yang menentukan rumah tidak bisa dijadikan agunan seperti: 

gadai sertifikat rumah
gadai sertifikat rumah
  • Lokasi rumah berada di kawasan banjir 
  • Memiliki lokasi tusuk sate atau dekat dengan posisi tersebut
  • Memiliki lokasi dekat dengan tiang SUTET
  • Memiliki riwayat terjadi perkara di rumah tersebut
  • Berada dekat dengan makam
  • Rumah sudah terlalu tua 
  • Memiliki lokasi di dalam gang

2. Cari lembaga pinjaman yang terpercaya dan terdaftar di OJK 

Ingat, jangan sampai hanya karena butuh sejumlah uang Anda justru kehilangan harta yang lebih besar lagi. Untuk itu, carilah lembaga pinjaman yang memang terpercaya dan terdaftar di OJK jika memang Anda ingin menggadai rumah tersebut. 

Untuk menentukannya cukup mudah, Anda bisa pergi ke website OJK dan cari tahu daftar lembaga pinjaman seperti apa saja yang memang benar-benar terbaik. Salah satunya seperti BFI Finance yang sudah terbukti reputasinya, terpercaya, dan telah sejak lama terdaftar di OJK hingga saat ini. 

3. Perhatikan beberapa syarat tambahan 

Ternyata, tidak hanya dibutuhkan syarat mengenai rumah saja untuk mendapatkan pinjaman dana cepat. Tapi, terdapat beberapa persyaratan lain untuk diri Anda sebagai calon peminjam yang harus dipenuhi. Diantaranya seperti minimal usia, minimal penghasilan, dan beberapa persyaratan dokumen pendukung lainnya. 

Seperti misalnya fotokopi kartu keluarga, surat keterangan pekerja, fotokopi NPWP, fotokopi SHM, SHGB, dan IMB. Semuanya harus Anda lampirkan agar proses pengajuan menjadi lebih mudah dan dana yang diharapkan bisa segera cair. 

4. Bijak dalam menentukan jumlah pinjaman 

Ingat, sebaiknya sebelum Anda memutuskan untuk gadai sertifikat rumah, maka Anda harus memiliki setidaknya kondisi keuangan yang sehat untuk beberapa bulan kedepan. Ini sangat penting dilakukan mengingat, semakin besar pinjaman Anda maka semakin besar pula angsuran yang akan dibebankan kepada Anda. Untuk gadai rumah sendiri, umumnya pihak pemberi pinjaman akan memberikan pinjaman sekitar 70 hingga 80 persen dari total nilai agunan atau rumah Anda. 

5. Cari Lembaga Pinjaman Dengan Sistem Pembayaran Paling Sesuai 

Secara umum, biasanya akan ada pilihan untuk proses angsuran pinjaman Anda. Yakni, untuk jangka pendek, dan jangka panjang. Namun, tidak semua lembaga pinjaman memiliki pilihan ini. Maka dari itu, jika Anda merasa cukup sulit untuk membayar angsuran dalam jangka waktu yang pendek, maka carilah lembaga pinjaman yang menawarkan jangka waktu lebih lama. 

Sebagai contoh, biasanya ada banyak tawaran jangka waktu yang bisa Anda pilih untuk melunasi angsuran tersebut. Mulai dari 2 minggu, 6 bulan, satu tahun, dan lain sebagainya. Jika Anda masih berat untuk membayar dalam jangka waktu tersebut, maka carilah yang memberikan waktu lebih panjang lagi. Akan tetapi ingat, bahwa semakin lama jangka waktu maka akan semakin besar bunga yang dibebankan. Jadi, semua pilihan ada di tangan Anda. 

Demikianlah penjelasan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk gadai sertifikat rumah Anda. Yang jelas, jika Anda masih bingung untuk mencari lembaga pinjaman yang sesuai, maka Anda bisa langsung mengunjungi BFI Finance terdekat dari lokasi Anda. Dan untuk informasi selengkapnya mengenai BFI Finance, Anda pun bisa mengunjungi website www.bfi.co.id atau mengunjungi link berikut ini https://www.bfi.co.id/products-services/property-financing sekarang juga!

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!