Sebagian besar mungkin orang juga berpikir dan mempertimbangkan apakah mereka harus kuliah disaat sudah mendapatkan pekerjaan, atau bingung untuk mengatur waktu yang tepat. Atau apakah Anda harus berhenti bekerja untuk kuliah, ini adalah pertanyaan umum di antara orang-orang yang memiliki pekerjaan dan yang ingin masuk universitas. Dan Anda tidak harus meninggalkan pekerjaan untuk belajar, dengan perencanaan, dan pengabdian, adalah mungkin untuk Anda bisa melakukan kerja sambil kuliah.

Ada beberapa tips untuk menggabungkan pekerjaan dengan kuliah yang ingin Anda tekuni adalah dengan memilih gelar sarjana yang lebih singkat waktunya. Atau Anda bisa melamar tempat kursus malam dan memilih perguruan tinggi yang dekat dengan rumah atau pekerjaan Anda.

kerja sambil kuliah
kerja sambil kuliah

Mencari Tempat Kuliah yang Dekat dengan Rumah atau Kantor

Untuk mengejar pendidikan atau belajar, Anda tidak perlu harus berhenti bekerja, penting untuk bersikap strategis pada beberapa poin. Nilai kursus, materi yang ditawarkan, pelatihan dan reputasi lembaga pendidikan adalah penting, tetapi faktor lain juga harus dianggap sebagai perbedaan yaitu lokasi perguruan tinggi.

Yang terbaik adalah mencari universitas yang dekat dengan rumah atau tempat kerja Anda, terutama di lingkungan yang sama. Maka Anda tidak membuang waktu untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dan Anda juga tidak akan tertekan oleh kemacetan lalu lintas, atau sejenisnya. Namun, ada kemungkinan bahwa Anda menghabiskan setidaknya beberapa waktu perjalanan dari rumah ke kantor.

Memilih Gelar Teknologi

Jika Anda ingin kerja sambil kuliah, dan tidak ingin kehilangan waktu, biasanya tujuannya adalah menyelesaikan kursus secepat mungkin untuk memajukan karir Anda. Atau bahkan untuk mencari penempatan baru di bidang di mana Anda akan lulus. Untuk orang yang tidak ingin berhenti bekerja untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, pilihan yang baik adalah mencari gelar teknologi, yang memiliki durasi lebih pendek.

Apabila Anda ingin memilih gelar teknologi, kuliah dapat diselesaikan dalam periode yang bervariasi dari 2 hingga 3 tahun. Karakteristik lain dari lulusan teknologi di IDS yang dapat menarik para profesional yang sudah ada di pasar adalah kekhususan kursus. Berbeda dengan yang lainnya, di mana bidang yang dipelajari lebih luas, dalam kursus teknologi fokusnya sangat spesifik dan kelas-kelasnya memiliki belajar praktis.

Mengikuti Kursus Malam

Ada banyak pilihan jika Anda menginginkan untuk belajar tanpa harus berhenti bekerja, Anda perlu merencanakan jam Anda dengan baik, sehingga Anda dapat menangani semuanya. Jika Anda memiliki pekerjaan selama jam kerja pagi sampai sore misalnya, alternatifnya adalah mencari perguruan tinggi yang memiliki kursus malam. Dengan begitu, Anda tidak harus melepaskan pekerjaan Anda untuk mengikuti program pascasarjana impian Anda.

Kiat lain adalah mencari opsi di IDS, yang menawarkan mahasiswa jam lebih fleksibel, dengan keuntungan yang menarik terutama bagi mereka yang bekerja. Dan Anda dapat yakin bahwa dengan kerja sambil kuliah di IDS, Anda akan menemukan opsi pada saat yang Anda cari.

Merencanakan Jadwal dengan Sebaik Mungkin

Anda yang ingin belajar tetapi memilih untuk tidak berhenti bekerja, selama kuliah harus memiliki jadwal utama yang baik dan perencanaan yang tepat. Dan untuk dapat mengambil kuliah universitas Anda dengan berkualitas dan tidak menghambat kinerja Anda di tempat kerja, penting untuk memiliki agenda. Dan juga harus merencanakan waktu yang disediakan untuk setiap kegiatan hari Anda. Maka Anda bisa mulai bekerja dan terorganisir, bahkan untuk waktu yang disediakan untuk perjalanan dan liburan.