Memiliki kebudayaan yang beragam membuat Indonesia menjadi negara yang kaya akan banyak hal. Selain bahasa dan tarian, budaya yang beragam tersebut juga menghadirkan aneka perhiasan daerah yang beragam. Setiap daerah memiliki ciri khas perhiasan masing-masing yang membuatnya terlihat semakin menarik.

Pada umumnya, perhiasan tradisional masing-masing daerah dipakai pada upacara penting atau di hari pernikahan. Sebagai warga Indonesia, Anda juga harus mengenal ragam perhiasan yang ada di negara tercinta ini. Langsung saja, berikut ini beberapa perhiasan daerah yang wajib Anda ketahui:

Perhiasan Daerah Aceh

Aceh merupakan daerah di Indonesia yang memiliki ragam aksesoris terbanyak. Beberapa diantaranya yaitu patam dhoe, keureusang, peuniti, dan lain sebagainya. Sama halnya seperti daerah lain, perhiasan-perhiasan tersebut paling banyak dipakai saat upacara pernikahan. Dari desainnya, bisa dilihat bahwa perhiasan daerah Aceh dipengaruhi oleh budaya luar seperti Eropa, Arab, dan India.

perhiasan tradisional
perhiasan tradisional

Perhiasan Daerah Sumatera Barat

Perhiasan daerah Sumatera Barat dikenal memiliki desain yang megah dan mewah, terutama pada bagian mahkota. Desainnya yang tinggi serta menjulang membuat mahkota daerah Sumatera Barat ini terlihat semakin mewah. Perhiasan mahkota tersebut dikenal dengan nama Suntiang Anak Daro. Selain mahkota, perhiasan lainnya yaitu kaban, cekik leher, galang rago-rago, galang baso, dan lain-lain.

Perhiasan Daerah Jawa Barat

Beralih ke pulau Jawa, daerah Jawa Barat memiliki perhiasan tradisional yang sangat menarik bahkan juga diminati oleh daerah-daerah lain. Pada upacara pernikahan dengan adat Jawa Barat, beberapa perhiasan yang digunakan oleh mempelai wanita yaitu kalung tiga susun, giwang, kelat bahu naga, mahkota suri, kembang goyang, dan gelang kono. Setiap jenis perhiasan tersebut memiliki makna sendiri-sendiri, sebagai contoh mahkota suri yang melambangkan ratu dengan budi pekerti luhur dan hati mulia.

Perhiasan Daerah Yogyakarta

Yogyakarta menjadi salah satu daerah di Indonesia dengan kebudayaan yang masih cukup kuat. Hal tersebut juga terdapat pada perhiasan yang masih sering digunakan pada acara adat maupun pernikahan. Beberapa perhiasan tradisional Yogyakarta yaitu 5 tangkai bunga di sanggul bermakna matahari yang menyinari kehidupan, kalung sungsun menggambarkan tiga fase kehidupan, dan gelang binggel kana yang menggambarkan kesetiaan.

Perhiasan Daerah Sulawesi

Sulawesi merupakan daerah Indonesia bagian tengah dengan banyak jenis perhiasan daerah yang menarik. Salah satu yang paling populer adalah sogok nicapi yang merupakan mahkota berwarna emas. Selain itu, ada token yaitu kalung yang menggambarkan kedudukan seseorang.

Perhiasan Daerah Maluku

Mungkin sudah banyak dari Anda yang tahu bahwa Maluku merupakan daerah penghasil mutiara terbesar di Indonesia. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika perhiasan daerah yang dimiliki didominasi dengan mutiara. Beberapa perhiasan dari daerah ini yaitu giwang, anting, kelad lengan, kelad bahu, dan buah baju.

Perhiasan Daerah Papua

Papua merupakan daerah bagian timur Indonesia yang terkenal memiliki budaya unik, termasuk dengan perhiasan. Meski Papua dikenal kaya akan emas maupun perak, namun perhiasan daerah ini malah terbuat dari sisa tubuh makhluk hidup seperti kulit, tulang, gigi, dan bulu. Tidak hanya sebagai aksesoris, perhiasan Papua juga digunakan sebagai simbol pangkat dan jimat.

Itulah 7 ragam perhiasan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Indonesia bagian barat, tengah, hingga timur. Mengenal keindahan perhiasan daerah tersebut dapat menumbuhkan kecintaan Anda pada ragam budaya Indonesia. Untuk menghidupkan kembali perhiasan daerah Indonesia, The Palace Jeweler dan Samuel Wattimena akhirnya meluncurkan perhiasan Nusantara yang terinspirasi dari berbagai perhiasan daerah yang kemudian dipadukan dengan konsep modern.

Terdapat 3 seri yang mewakili perhiasan setiap daerah, diantaranya yaitu seri Nusa untuk daerah barat, seri Anta untuk daerah tengah, dan seri Tara untuk daerah timur. Penasaran dengan koleksinya? Langsung saja kunjungi website resmi The Palace Jeweler di thepalacejeweler.com.