Saat Anda mulai memahami betapa pentingnya investasi, maka di saat itu pula Anda harus memulainya. Namun sayangnya, masih banyak orang yang ingin berinvestasi akan tetapi masih bingung dengan apa saja yang harus dilakukan. Inilah salah satu fenomena yang sering terjadi bagi para investor pemula tanah air. 

Saat hendak berinvestasi, khususnya Investasi Reksa Dana bulanan, memang ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Tetapi, dari sekian banyak tersebut ada hal yang paling dasar yang harus diketahui bagi Anda yang pemula dalam berinvestasi. 

Investasi Reksa Dana bulanan
Investasi Reksa Dana bulanan

Untuk itu, kali ini KlikMami akan membahasnya secara khusus untuk Anda. Apa saja hal tersebut? simak penjelasan selengkapnya dari KlikMami berikut ini. 

1. Cermat dalam mengalokasikan uang Anda 

Saat Anda memutuskan untuk berinvestasi, tetapi tiba-tiba uang yang Anda miliki tidak cukup untuk melakukannya. Maka dari itu, proses alokasi dana memang sangat diperlukan dan menjadi dasar bagi siapa saja yang hendak berinvestasi. 

Jadikan alokasi dana investasi sebagai prioritas utama Anda. Tak hanya sekedar disisihkan, namun Anda juga bisa menentukan nominal yang sesuai bagi kondisi keuangan Anda. Jika tidak bisa mengalokasikan secara baik, maka Anda bisa mencoba cara dengan menyisihkan uang tersebut ke dalam celengan. 

2. Pastikan Anda memiliki rekening yang berbeda

Banyak orang yang keliru dalam hal ini, yakni menjadikan rekening pribadi Anda sebagai sarana untuk berinvestasi, padahal cara ini salah dan hanya akan merugikan Anda. Karena dengan menggunakan satu rekening yang sama, maka Anda bisa saja menggunakan uang yang seharusnya untuk berinvestasi sebagai kebutuhan pribadi atau sebaliknya. 

Maka dari itu, sangat disarankan untuk memisahkan rekening pribadi Anda dan yang khusus untuk berinvestasi. Lewat cara ini, Anda pun bisa bebas mengendalikan arus keuangan Anda secara lebih teratur. 

3. Memiliki tujuan yang pasti 

Bagi investor pemula, banyak orang yang masih bingung dengan tujuan mereka dalam berinvestasi. Hal ini bisa saja dikarenakan karena minimnya pengetahuan yang mereka miliki, atau bahkan hanya sekedar ikut-ikutan saja. Pemikiran yang seperti ini sebenarnya merupakan hal yang salah besar. 

Pasalnya, masing-masing instrumen memiliki tingkat keuntungan yang berbeda-beda sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Ada yang bersifat jangka pendek, ada juga yang bersifat jangka panjang. Jadi, pastikan Anda mengetahui apa yang menjadi tujuan Anda dalam berinvestasi.

Entah itu untuk membeli rumah masa depan, sebagai dana pensiun, pendidikan anak, atau apapun, yang penting Anda harus memahami tujuan yang dicari tersebut. 

PT Manulife yang telah berhasil meraih penghargaan Best Fund House dari Asia Asset Management pada tahun 2018.