Kesehatan anak merupakan salah satu hal yang menjadi tanggung jawab orang tua. Hal ini dikarenakan kesehatan merupakan salah satu aspek yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Terlebih lagi anak-anak yang memasuki usia sekolah. Masa anak-anak pada usia sekolah, merupakan masa dimana anak akan bertumbuh dan berkembang secara pesat. Oleh karena itu, kesehatan anak sekolah merupakan hal yang sangat perlu untuk mendapatkan perhatian yang lebih daripada orang tua. Selain orang tua, orang-orang yang masuk kedalam lingkungan sang anak pun juga memiliki andil atas kesehatan anak tersebut. Misalnya saja, selain berkegiatan dilingkungan keluarga, anak juga beraktivitas dilingkungan sekolah. Lalu, orang-orang yang berada dilingkungan sekolah tersebut adalah guru dan teman-temannya. Otomatis guru dan teman-temannya tersebut memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan anak agar tetap baik dan tidak terganggu.

Kesehatan Anak Sekolah

Pada dasarnya, ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan anak sekolah agar tetap sehat. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan anak tersebut yang berhubungan dengan lingkungan sekolah ialah dengan memanfaatkan pelajaran olahraga. Seperti yang kita ketahui bersama, anak sekolah memiliki berbagai materi yang perlu dipelajari dan terbagi kedalam beberapa mata pelajaran. Selain pelajaran yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, sebenarnya anak juga membutuhkan mata pelajaran yang berhubungan dengan tumbuh kembangnya. Salah satu mata pelajaran tersebut adalah olahraga.

Untuk menjaga agar kesehatan anak sekolah tetap terjaga, para guru dapat memanfaatkan kurikulum yang terkandung dalam mata pelajaran olahraga. Misalnya saja, dengan adanya mata pelajaran olahraga minimal sekali dalam seminggu, otomatis membuat sang anak akan melaksanakan kegiatan olahraga minimal sekali dalam seminggu. Dan seperti yang kita ketahui bersama, bahwa olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat menjaga kesehatan anak sekolah agar tetap terjaga. Olahraga terdiri dari berbagai macam dan jenis yang berbeda-beda, agar anak menjadi tertarik dengan mata pelajaran yang satu ini dan tidak bosan, ada baiknya guru memberikan jenis olahraga yang berbeda pada setiap pertemuannya.