Kalau kolesterol tinggi apabila tidak dikendalikan akan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan yang cukup membahayakan seperti stroke maupun serangan jantung. Selain banyak melakukan aktivitas olahraga dan mengkonsumsi obat-obatan kolesterol makanan juga menjadi salah satu hal yang sangat penting yang harus diperhatikan ketika ingin menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Untuk menurunkan kandungan kolesterol yang diakibatkan oleh makanan kita harus bisa mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti makanan-makanan yang berminyak. Selain itu memperbanyak mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan akan membantu menurunkan kandungan kolesterol dengan sangat baik. Buah untuk kesehatan sangat ampuh menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Ada berbagai macam jenis buah-buahan yang bisa kita temukan dengan sangat mudah yang memiliki fungsi buah untuk kesehatan serta mampu menurunkan kandungan kolesterol di dalam tubuh. Salah satunya adalah atau. Kulit apel mengandung pektin atau serat larut air yang sangat ampuh menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh senyawa tersebut juga mampu menyerap kolesterol serta lemak jahat di organ pencernaan dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Bawah ini juga mengandung antioksidan polifenol dan vitamin yang sangat membantu untuk mengurangi peradangan. Berat apel juga akan memberikan rasa kenyang yang cukup lama sehingga kita tidak akan cepat merasa lapar.

Selain apel buah lain yang mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh adalah alpukat. Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang menjadi sumber lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Buah ini kaya akan mineral, serat vitamin dan berbagai macam senyawa alami yang mampu menghambat penyerapan kolesterol di dalam tubuh. Konsumsi buah alpukat setiap harinya bisa membantu menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh dengan sangat efektif.

Buah selanjutnya yang bisa kita gunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh adalah buah pir. Buah pir mengandung kandungan serat alami yang cukup tinggi bahkan saking tingginya 1 buah pir dengan ukuran yang sedang mampu mencukupi sekitar 16% kebutuhan serat seseorang. Serat buah pir yang dinamakan pektin mampu mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari dalam tubuh sehingga kandungan kolesterol dalam tubuh akan menjadi menurun.