Menyiapkan fasilitas pendidikan yang berkualitas bagi seluruh warga negara Indonesia merupakan salah satu kewajiban pemerintah. Namun, layanan pendidikan yang berkualitas tersebut terasa belum merata. Hal itu disebabkan tidak meratanya kualitas sebuah institusi pendidikan di seluruh wilayan Indonesia ini.

Oleh karenanya, untuk kesempatan college in Indonesia di sebuah universitas negeri yang kualitasnya sudah baik diberlakukan sistem tes. Siapa saja yang sudah memenuhi syarat adminstratif dan dapat lolos dari tes tersebut, maka dialah yang berhak mengikuti perkuliahan pada program studi yang dipilih di universitas negeri pilihannya. Salah satu tes masuk perguruan tinggi negeri yang selalu dilaksanakan setiap tahu adalah SBMPTN.pendidikan SBMPTN merupakan kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dilakukan secara serentak selama dua hari. SBMPTN ini dilaksanakan atas koordinasi panitia SBMPTN yang independent dari dikti. Banyak hal yang berkaitan dengan SBMPTN ini diantaranya adalah pembagian wilayah yang disesuaikan dengan universitas negeri yang akan dipilih. Berikut adalah pembagian wilayah pada SBMPTN untuk College in Indonesia.

  • Wilayah I yang tergolong wilayah I ini merupakan perguruan-perguruan tinggi negeri yang berada di Banten, Jakarta, Jawa Barat, Sumatera, dan Pontianak.

  • Wilayah II yang tergolong wilayah II ini merupakan perguruan-perguruan tinggi negeri yang berada di daerah Jawa tengah dan Jogjakarta.

  • Wilayah III yang tergolong wilayah III ini merupakan perguruan-perguruan tinggi negeri yang berada di wilayah Kalimantan, Madura, Bali, NTT, NTB, dan Jawa Timur.

  • Wilayah IV yang tergolong wilayah IV ┬áini merupakan perguruan-perguruan tinggi negeri yang berada di wilayah Papua, Maluku, dan Sulawesi.

Di setiap wilayah ini ada universitas-universitas negeri yang menjadi universitas favorit karena kualitasnya sudah sagnat bagus dibanding dengan kualitas universitas negeri lainnya. Misalnya saja di wilayah I terdapat Universitas Indonesia sebagai salah satu PTN yang banyak diminati para peserta SBMPTN. Oleh karena itu, wajar saja jika College in Indonesia menjadi sebuah prestsi besar jika berhasil masuk di Universitas Indonesia dengan program studi favorit atu kompetitif.