Salah satu penyakit yang sering mejangkiti anak-anak ialah penyakit saluran pencernaan seperti diare. Hal tersebut adalah karena anak-anak sangat senang mencicipi makanan tanpa memperhitungkan banyak hal dan resiko serta belum punyanya kehati-hatian pada diri seorang anak saat mencicipi makanan yang diinginkannya. Saat diare datang pada anak tentu saja akan jadi hal yang menderita. oleh karenanya seorang ibu harus sesegera mungkin memberikan obat untuk segera meredakan gangguan tersebut. Saat Anda memberikan obat diare kepada si kecil, sebaiknya Anda memperhitungkan banyak hal terutama efek samping yang akan terjadi apabila obat tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu lama. Mengingat anak masih memiliki pecernaan dan organ tubuh yang sensitif. Oleh karena itu beberapa tips berikut ini dapat menjadi menjadi cara untuk mengatasi diare pada anak.

  1. Segera berikan oralit. Saat terjadi diare, ada banyak cairan dalam tubuh anak yang hilang. Sehingga harus ada pengganti cairan tubuh, cairan olarit atau cairan garam akan mengembalikan banyak cairan tubuh anak yang hilang akibat terjadinya diare.
  2. Jangan memberikan obat diare pada si kecil. Sakit diare pada anak umumnya disebabkan karena adanya kuman yang masuk kedalam tubuh. Sehingga jika anda memberikan obat antidiare kepada sikecil justru akan menimbulkan masalah baru dimana kuman atau bakteri penyebab diare tersebut tidak akan keluar dan akan diam didalam tubuh.
  3. Segera memberikan obat alami seperti daun jamu dan buah sirsak. Daun jambu biji mungkin menjadi salah satu obat diare yang paling populer. Selain untuk orang dewasa, Anda juga bisa menggunakan bahan alami ini untuk membuat obat diare anak. Buatlah tumbukan daun jambu biji dengan kulit jambu kemudian haluskan dan berikan kepada si kecil dengan ditambahkan garam. Hal tersebut bisa dibilang ampuh menjadi cara mengatasi diare pada anak dengan baik dan cepat. Selain itu anda juga bisa menggunakan buah sirsak sebagai obat diare. Hal tersebut dijamin akan disukai anak anda.
  4. Biasakan dan ajarkan pola hidup sehat dan bersih kepada si kecil. Mengajarkan si keil untuk memilih makanan sehat yang layak untuk dikonsumsi dan juga mengajarkannya untuk selalu rutin mencuci tangan sebelum makan dengan sabun lifeboy adalah cara hidup sehat yang sederhana akan tetapi sangat efektif dalam meminimalisir resiko sakit seperti diare.