alergi kulit pada anakBayi menjadi hal yang penting yang dimiliki oleh setiap pasangan suami istri sehingga harus dijaga dengan sebaik – baiknya tanpa harus disakiti. Bayi ini tidak memiliki kekuatan apapun sehingga sebagai orang tua harus lebih menyayanginya dengan sebaik – baiknya.

Berbagai hal bisa saja terjadi pada bayi yang kita miliki dan salah satunya yaitu alergi kulit pada anak. Berbicara alergi tentu cakupannya sangat luas karena berbagai jenis alergi ada dan tidak dipungkiri bisa terjadi pada bayi kita sendiri.

Alergi ini memang bentuk reaksi dari system kekebalan tubuh pada zat asing jika dihirup, disuntikan, tertela ataupun tersentuh. Penyakit ini memang yang sering terjadi pada setiap bayi sehingga sebagai orang tua harus menjaganya dengan sebaik mungkin.

Sebagai orang tua jika bayinya sedang dalam keadaan kurang sehat maka harus lebih peka lagi karena bayi tidak akan bisa memberitahukan kondisi pada dirinya.

Alergi ini memang memiliki gejala tersendiri diantaranya bengkak pada wajah, bibir dan lidah, terjadi diare, gatal – gatal, batuk batuk atau sering bersin, kulit memerah, sulit bernapas, dan yang terakhir memungkinkan bisa sampai pingsan.

Namun dari semua gejala tersebut tentu harus diketahui penyebab terjadinya alergi kulit pada bayi dan biasanya alergi ini muncul yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya sebagai berikut :

  1. Faktor genetic. Faktor ini yang paling umum terjadi dari orang tuanya terhadap anak – anaknya sehingga bisa saja terjadi pada bayi yang kita miliki sekarang ini.
  2. Faktor makanan. Makanan ini sering menjadi penyebab terjadinya alergi yang disebabkan pada makanan yang kurang disukai atau membuat gatal – gatal dan lain sebagainya. Sehingga faktor orang tua tentu menjadi vital dalam memilih makanan untuk bayi kita sendiri.
  3. Lingkungan seperti debu dan yang lainnya. Sehingga kadang bisa membuat gatal ketika debu berada di sekeliling badan kita dan itu bisa saja terjadi pada bayi yang kita miliki saat ini.

Pada dasarnya terjadi alergi ini karena sering bersentuhan secara langsung ataupun tidak langsung dengan penyebab alergi pada bayi tersebut sehingga untuk menjauhkan bayi dari alergennya tentu itu menjadi tugas orang tua.

Untuk meminimalisir terjadinya alergi yaitu dengan mencuci pakaian yang kita miliki termasuk bayi dengan mencuci secara bersih dan tidak sembarang menyimpan dan jangan lupa menggunakan molto agar tidak ada bakteri, debu ataupun kuman yang bisa membuat pakaian kurang bersih.